Istilah dari e-commerce kebanyakan
digunakan pada bidang bisnis, karena e-commerce merupakan penawaran jasa maupun
barang di internet. Bisa dikatakan perdagangan online,
Seperti halnya pelaku bisnis jasa yang harus menjual jasanya kepada konsumen.
Pelaku bisnis bisa membuat suatu situs web perusahaan untuk mempromosikan
perusahaannya serta jasa-jasa yang ditawarkan. Karena kebanyakan konsumen lebih
tertarik kepada layanan internet karena mudah di akses. karena Penguna internet jaman sekarang sangat peset. Tidak menuntit
kemungkinan e-commerce akan menjadi bidang penjualan yang yang sangat bagus di
dunia perdagangan.
Perkembangan e-commerce sudah mulai
berkembang dimana sekarang konsumen dapat memilih suatu prodak dengan leluasa
seperti halnya di super market yang lengkap. Seperti halnya suatu pelaku bisnis
memboyong dan menjualnya suatu dagangannya ke internet agar dapat di kenal semua
kalangan di dunia maya.
Latar Belakang Pertumbuhan Perdagangan
Untuk menengok masa lalu yaitu dimana
sebelum terjadi perdagangan seperti saat ini. Pada jaman dahulu untuk memenuhi
kebutuhanya orang tersebut harus berburu. Semakin lama kebutuhanpun mulai
meningkat, untuk mengandalkan berburu saja tidak mencukup
untuk memenuhi kebutuhannya. Pada akhirnya orang tersebut harus mencari
seseorang yang mau menukar barangnya yang dibutuhkannya.
Lama kelamaan seseorang membutuhkan tempat untuk penukaran atau barter
tersebut. Sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat untuk melakukan
transaksi. Seperti halnya sekarang, tempat untuk transaksi tersebut yaitu pasar
dimana seseorang dapat transaksi kebutuhan sehari-hari. Di jaman moderen ini
dimanfaatkan internet untuk bertransaksi. Seseorang tidak harus membawa barang
yang berat untuk di jual ke pasar. Cukup membuat web untuk menjual barang
dagangannya yang menarik. Pembeli pun tidak usah repot-repot keluar rumah,
cukup duduk manis di computer dan berselancar di dunia maya dan mencari barang
yang dibutuhkan.
Seiring perkembangan internet yang mulai merambah
semua bagian. E-commerce mulai di incar pelaku penjual, karena penjual tidak
usah repot-repot kelur untuk mengedarkan prodak-prodaknya. Biaya pun bisa
ditekan untuk hal-hal promosi suatu prodak. Konsumen pun dimudahkan untuk
memilih prodak yang di inginkan dengan mudah dan tepat sasaran karena pembeli
dapat informasi lebih detail tentang produk yang di inginkan dan banyak
pilihan. pembeli tidak harus keluar rumah untuk mencari barang tersebut tinggal
pesan dan pengisi formulir transaksi barang yang di inginkan akan dating ke
rumah seperti halnya deliveri. Tinggal mengisi formulir kesepakatan dan klik
semua selesai pembeli mendapatkan barang yang di antar dan penjual mendapatkan
hasilnya yang paling penting pembeli puas penjual juga senang.
Penerapan
pada perusahaan di indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar